Pengertian Internet

  1. A Pengertian Internet

Internet singkatan dari Interconnection Networking. Internet merupakan interkoneksi antar jaringan diseluruh dunia yang secara umum dipandang sebagai sumber informasi. Internet sebagai sumber informasi karena segala hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari seperti bisnis, olahraga, hiburan, politik dan lain-lain ada di internet. Selain itu internet dapat digunakan untuk melakukan interaksi/pertukaran informasi jarak jauh. Komunikasi antar komputer diatur oleh protocol yang bernama TCP (Transmission Control Protokol) dan IP (Internet Protokol).

  1. B.     Sejarah Internet

Pada tahun 1969 dibangun riset ARPAnet yang dipelopori oleh DARPA (Defense Advance Research Projects Ergency) yang dikembangkan oleh Departement pertahanan Amerika Serikat yang bekerjasama dengan 4 universitas yaitu UCLA, Stanford Research Institued, UCSB, dan University of Utah. Komputer server berada UCLA. Awalnya mereka telah berhasil mengembangkan 4 komputer di Universitas yang berbeda. Riset ini bertujuan untuk keperluan militer Amerika Serikat.Pada tahun 1970, sudah ada 10 komputer yang bergabung dan membentuk jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson menyenpurnakan program e-mail. Dan pada tahun yang sama icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang yang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Seiring perkembangannya, tahun 1982 DCA (Defense communication Agency) bekerjasama dengan DARPA berhasil menciptakan TCP (Transmission Control Protokol) dan IP (Internet Protokol) sebagai protocol utama ARPAnet.

Pada tahun 1990, Tim Bernes Lee memperkenalkan program editor dan browser. Program ini disebut dengan WWW atau world Wide Web. Di Indonesia jaringan komputer mulai dikembangkan pada tahun1983 di Universitas Indonesia berupa UInet oleh Dr.Joseph F.P Luhukay.

  1. C.    Cara Kerja Internet

Cara kerja internet diatur dalam serangkaian peraturan dan standar yang disebut dengan protocol. Protocol yang digunakan pada internet disebut dengan TCP/IP. TCP/IP memiliki lapisan-lapisan (layer) yang tiap lapisannya memiliki peran masing-masing. Lapisan-lapisan pada TCP/IP:

  1. Aplication Layer

Aplication layer(Lapisan Layer) bertindak sebagai antarmuka antara pengguna dan sistem. Lapisan ini memiliki aplikasi khusus protocol seperti HTTP (hypertext transfer protocol), email, chatting, atau FTP (file transfer protocol),dll yang berkomunikasi dengan lapisan dibawah berikutnya.

  1. Transmission Control Protokol (TCP) Layer

Berada antara lapisan aplikasi protocol internet (IP) yang berfungsi untuk menerima dan mengarahkan data ke aplikasi tertentu menggunakan nomor port.

  1. Internet Protocol (IP) Layer

Tugas utama lapisan ini adalah memberikan identifikasi mesin pada jaringan. Dan juga berfungsi untuk memberikan alamat yang berbeda pada tiap perangkat jaringan.

  1. Hardware Layer (lapisan perangkat keras)

Berfungsi secara fisik menghubungkan komputer ke media transmisi data yang berupa saluran telepon, jaringan selular atau koneksi satelit (termasuk modem, kartu Ethernet dan perangkat keras yang langsung terhubung dengan proses transmisi data). Lapisan ini juga berperan untuk menerjemahkan sinyal digital berupa bilangan biner menjadi sinyal analog dan sebaliknya.

Internet juga membutuhkan suatu sistem penjaluran (routing) dan pengalamatan agar komputer dapat berjalan sebagaimana mestinya dan data yang dikirim dari komputer pengirim dengan akurat ke komputer tujuan. Setiap komputer yang terhubung ke jaringan internet memiliki suatu alamat agar bisa mengirimkan sesuatu yang dibutuhkan oleh pengguna komputer tersebut. Setiap komputer memiliki alamat yang berbeda-beda yang disebut dengan IP Adress (deretan angka biner yang terdiri dari bilangan 1 dan 0) yang diberikan oleh lapisan Internet Protokol. Sistem yang menyimpan suatu informasi tentang nama komputer host atau domain dalam bentuk basis data tersebar  disebut dengan DNS (Domain Name System). DNS menyediakan service yang sangat penting untuk internet  yang berfungsi seperti buku telepon internet.

Sebuah komputer pengguna (Client Computer) yang hendak dihubungkan ke jarngan internet harus terhubung kesebuah server. Server akan mengatur akses dan mengirimkan data-data dari dan kedalam internet client, sehingga dapat mengakses berbagai fasilitas yang terdapat di Internet seperti web, chat, email, dll.

  1. D.    Manfaat Internet

Berikut beberapa manfaat dari internet:

  1. Bidang pendidikan, contoh: Memperoleh informasi dengan cepat dan terbuka, Referensi perpustakaan maya, Dapat digunakan untuk menciptakan perpustakaan online yang bisa dibuka oleh guru dan siswa mereka, sarana kursus dan perkuliahan, dan E-Learning.
  2. Bidang Kesehatan, contoh: memperoleh beragam jenis informasi perihal penyakit secara umum yang bermanfaat untuk evaluasi penduduk bagaimana menghindar satu penyakit serta mengambil tindakan awal dari penyakit tersebut.
  3. Bidang Ekonomi, contoh: riset pemasaran, perdagangan barang secara elektronik (E-procurement), E-Commerce.
  4. Bidang Hiburan, contoh: Games, Video, music, dll.
  5. Bidang Komunikasi, contoh: E-mail, webcam, facebook, VOIP (Voice Over Internet Protocol), dll.
  6. Bidang Pemerintahan, contoh: pemilu online,transparansi kinerja pemerintahan selama melaksanakan program kerjanya, E-government.
  1. E.     Cara Menghubungkan ke Internet

Ada beberapa cara untuk menguhubungkan sebuah komputer ke internet:

  1. Dengan menggunakan jaringan

Sistem penghubung dengan jaringan adalah dengan menggunakan komputer sebagai server (menghubungkan beberapa komputer yang tergabung dalam LAN) yang dihubungkan dengan penyedia jasa layanan internet melalui telpon baik kabel maupun non kabel. Sistem ini memiliki keuntungan yaitu akses yang ditanggung akan lebih murah. Cara ini digunakan untuk melayani pemakaian dengan jumlah yang banyak, seperti warnet, kampus, sekolah, perusahaan, dll.

  1. Dengan menggunakan GPRS (General Pocket Radio Service)

Jaringan ini merupakan gelombang radio sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet. Dengan menggunakan gelombang radio sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet. Tarif yang dikenakan berdasarkan data yang ditransfer, bukan berdasarkan lamanya penggunaan. Untuk dapat mengakses dengan GPRS hanya bisa dilakukan komputer dan telpon selular yang dilengkapi dengan fasilitas GPRS. Kelebihan GPRS yaitu akses dapat dilakukan walaupun alat komunikasi atau user bergerak. Serta kekurangannya adalah harus melakukan setting tertentu pada telpon selular, hal itu cukup menyulitkan karena setiap merk mempunyai cara sendiri untuk mengaktifkan GPRS.

  1. Dengan menggunakan jaringan WiFi (Wireless Fidelty)

Wifi adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekuensi tinggi (2.4 GHz). Agar dapat terhubung ke internet dengan menggunakan wifi maka harus menggunakan notebook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu WiFi. Agar bisa mengakses internet dengan WiFi kita harus berada pada daerah yang mempunyai sinyal WiFi (radius 100 M dari titik akses). Daerah yang mempunyai sinyal WiFi disebut dengan HOT SPOT.

  1. Menggunakan TV Kabel

Dengan menggunakan TV kabel kita dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telpon sibuk. Syaratnya adalah kita harus berlangganan dengan penyedia tv kabel yang dilengkapi internet, perangkat komputer standart yang dilengkapi dengan SO dan browser yang mendukung internet serta kabel modem dengan DOCSIS  system (modem yang dirancang untuk TV kabel).

  1. Dengan menggunakan saluran telepon (dial-up)

Modem langsung dihubungkan dengan jaringan telpon yang menghubungkan dengan jaringan internet untuk bisa menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain. Keunggulan: mempunyai jaringan yang luas. Kekurangan: biaya akses yang relative tinggi.

Agar komputer tersebut dapat mengakses komputer lain di internet maka perlu diberi alamat IP sesuai dengan lembaga penyedia layanan internet (ISP). Oleh karena itu kita harus menghubungi suatu ISP untuk dapat mengakses internet.

  1. F.     Layanan Internet
  2. E-Mail (Elektronic Mail)

E-Mail atau surat elektronik merupakan surat yang berbentuk elektronik. Dengan e-mail kita bisa saling mengirim surat dengan cepat. Layanan internet e-mail banyak sekali macamnya. Contoh e-mail yang gratis adalah yahoo, Gmail dan Hotmail.

  1. WWW (World Wide Web)

Web ini adalah kumpulan dokumen yang saling berhubungan dan sumber daya lainnya yang dihubungkan oleh hyperlink dan URL atau bisa disebut dengan sebuah aplikasi yang berjalan di internet. Layanan WWW digunakan untuk mencari informasi yang berlimpah di internet dengan mengetik URL dari halaman ke browser web atau dengan mengikuti  hyperlink ke halaman atau sumber daya.

  1. Mailing List (Milis)

Milis merupakan group diskusi pengguna e-mail dimana setiap orang bisa berlangganan dan bergabung didalamnya. Dengan milis kita bisa mendiskusikan berbagai macam topic dan mengetahui beragam informasi yang dilakukan antar anggota kelompok.

  1. E-Banking

Aktivitas perbankan di internet yang memungkinkan nasabah tidak perlu mendatangi bank yang dimaksud, sehingga nasabah bank bisa melakukan hampir seluruh transaksi perbankan melalui internet. Dan tentunya akan mempermudah nasabah melakukan pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin. Sehingga akan menghemat waktu dan tenaga karena transaksi e-banking bebas dari antrian dan dapat dilakukan dimana saja selama nasabah dapat terhubung dengan jaringan internet.

  1. E-Learning

Memberikan manfaat bagi organisasi maupun individu yang terlibat seperti peningkatan kinerja dan akses, kenyamanan dan fleksibilitas kepada peserta didik, dan untuk mengembangkan ketrampilan dan kompetensi.

  1. File Transfer Protocol (FTP)

Merupakan sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standart untuk pentransferan file komputer antar mesi-mesin dalam sebuah internetwork.

  1. Tele Networking (TelNet)

Merupakan sebuah protocol jaringan yang digunakan dikoneksi internet atau LAN. Dengan menggunakan telnet kita bisa menggunakan komputer kita untuk berhubungan dengan komputer lain dan mencari informasi yang ada di komputer tersebut. Dengan mengunakan telnet kita harus mempunyai IP Adress atau “domain name”.

  1. Internet Relay Chart (IRC)

Merupakan suatu bentuk komunikasi di internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal yang berfungsi sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik yang meliputi kejadian-kejadian penting.

  1. VOIP (Voice Over Internet Protocol)

Disebut juga dengan telpon internet. Dengan menggunakan VOIP kita dapat menelpon lewat jaringan internet. Kita membutuhkan sambungan berkecapatan tinggi untuk bisa melakukan VOIP ini, namun biaya yang dibutuhkan relative murah jia dibandingkan dengan telpon biasa.

  1. User’s Network (Usenet)

Usenet atau adalah terdistribusi di seluruh dunia internet sistem diskusi yang menggunakan komputer jaringan khusus. Users membaca pesan public (artikel atau posting) kesatu atau beberapa kategori yang disebut dikenal dengan newsgroup. Setiap komputer memiliki beberapa newsgroup dan diatur berdasarkan satu topic general yang kemudian dibagi menjadi menjadi beberapa subtopic.

  1. Gopher

Merupakan protocol publikasi informasi berbasis karakter yang menggunakan menu menu untuk mengakses teks atau aplikasi yang dapat mencari content yang ada di internet namun hanya “text base” saja atau berdasarkan teks.

Leave a comment